Chandra Ekajaya Dibalik Kerang Ada Uang

Kerang merupakan salah satu makanan sea food idaman masyarakat Indonesia. Kerang memang sangat mudah ditemukan di Indonesia, karena salah satu faktor nya adalah Indonesia dikelilingi lautan yang menjadi habitat kerang. Potensi inilah yang coba dimanfaatkan oleh pengusaha sukses asal Malang Jawa Timur Chandra Ekajaya.

Chandra Ekajaya Dibalik Kerang Ada Uang

 

Bisnis kerangnya ini sudah dimulai sejak tahun 2002, dan menjadi salah satu tempat favorit menyantap kerang di kota Malang. Di kedai kerang Chandra Ekajaya Ada sembilan jenis kerang yang bisa di santap di kedai tersebut, mulai kerang bulu, kerang bambu, kerang madu, hingga kerang simping. Jadwal buka kedai kerang tersebut pun mulai dari jam 16.00 WIB sampai 23.00 WIB, namun biasanya belum sampai jam 23.00 saja sudah habis.

Kerang memang menjadi kegemaran sebagian masyarakat Indonesia, bukan saja karena rasanya yang enak tetapi kerang sendiri menurut penelitian pakar gizi juga mengatakan kerang merupakan makanan yang bernutrisi tinggi dan dalam 100 gram kerang mengandung protein tinggi asam amino yang mudah dicerna karena hanya sedikit jaringan ikat.

Kedai milik Chandra Ekajaya ini terbilang sederhana tetapi pengunjung sangat ramai, namun lokasi kedai yang memiliki lahan parkir yang luas dan keadaan bersih membuat pengunjung nyaman menyantap kerang.

Chandra Ekajaya Dibalik Kerang Ada Uang

Dalam satu hari, Chandra Ekajaya menuturkan bahwa kedai miliknya bisa menghabiskan kerang antara 120 kilogram (kg) 150 kg kerang ketika hari biasa dan ketika weekend datang bisa naik signifikan berkisar antara tok 180 kg kerang dan bisa habis tak bersisa dalam waktu tiga jam saja. Untuk harga setiap porsinya berbeda, mulai dari Rp 25 ribu – Rp 45 ribu. Harga yang sangat terjangkau dengan rasa dan kelezatan dari kuliner kerang. Setiap harinya Chandra Ekajaya dengan estimasi harga dan penjualan yang mampu menghabiskan kerang ratusan Kg, pendapatan bersih setiap harinya bisa mencapai Rp 5 – Rp 10 juta rupiah.

Untuk memasok bahan baku kerang, Chandra Ekajaya sangat selektif dalam melihat kerang tersebut dipasok dan didapatkan. Ada beberapa daerah yang menjadi daerah merah pasokan kerang karena laut daerah tersebut sudah mengalami pencemaran. Untuk pasokan kerang Chandra Ekajaya memilikh dari daerah Sulawesi dan Bangka karena daerah tersebut memiliki kualitas kerang yang bagus dan terhindar dari pencemaran berat.

Saat ini Chandra Ekajaya baru memiliki 2 kedai kerang yang terletak di Kota Malang dan satunya dikawasan Sidoarjo. Dari kedua cabang tersebut Chandra Ekajaya mempunyai karyawan 100 orang. Kedepanya Chandra Ekajaya berniat ingin membuka cabang kedai kerang miliknya di kota besar Indonesia lainya, namun Chandra Ekajaya masih terus melakukan analisis pasar.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s